Daging dan Kain ditangan Ibu

Edisi Cerita :
Semoga kita bisa mengambil hikmahnya.

Diceritakan dari Aisyah Ra.,” Sesungguhnya seorang anak perempuan datang mengadu kepada Rasulullah Saw,tentang tangan kanannya yang kering,”Wahai Rasulullah,berdoalah kepada Allah kepada Allah agar dia menjadikan tanganku baik dan mengembalikannya seperti sedia kala.”

“Nabi kemudian bertanya kepadanya ,” Apa yang menyebabkan tanganmu kering?
“Ia menjelaskan ,”Aku bermimpi seolah-olah kiamat telah terjadi. Neraka jahim menyala dan surga mendekat. Kemudian api menjadi lembah. Pada salah satu lembah,aku melihat ibuku. Ditangannya terdapat sepotong daging,sementara ditangan lain terdapat kain kecil yang ia gunakan untuk menjaga api. Akupun berkata kepadanya ,”Apa yang aku lihat wahai ibuku padahal engkau taat pada Tuhan dan suamimu meridhoimu? Ia menjawab ,” Wahai anakku,didunia aku bakhil .inilah tempat orang-orang yang bakhil.
“Aku bertanya lagi kepadanya mengapa hanya ada daging dan kain ditanganmu ? Ia menjawab ,” Daging dan kain ini adalah shadaqah yang aku berikan selama didunia. Aku tidak bershadaqah melainkan hanya kain dan daging ini. Maka aku diberi keduanya dan aku berlindung dengan keduanya dari siksa api dan azab.
“ Aku bertanya dimana Ayah? Iapun menjawab ,” Ia seorang dermawan. Maka tempatnya adalah disurga bersama orang –orang yang dermawan.”
“ Lalu aku datang kesurga. Tiba-tiba aku melihat ayahku berdiri ditepi telagamu,Wahai Rasulullah. Orang-orang minum air tersebut dan mengambil wadah dari tangan Ali,Ali mengambil dari tangan Ustman,Ustman mengambil dari tangan Umar,Umar mengambil dari tangan Abu Bakar,dan Abu Bakar mengambil dari tanganmu,Wahai Rasulullah.”
“ Aku kemudian meminta “ Wahai ayah,sesungguhnya ibu,istrimu, yang taat kepada Tuhan dan Engkau meridhoinya,ada di suatu telaga dineraka Jahim. Sementara,Engkau memberikan air minum kepada orang-orang ditelaga Rasulullah. Dia kehausan,berikan satu tegukan air saja padanya.”
“ Ayah berkata,” Wahai anakku,sesungguhnya ibumu berada dineraka bersama orang –orang yang bakhil,orang-orang yang suka maksiat,dan orang-orang yang berbuat dosa. Dan Allah mengharamkan ait telaga Rasulullah untuk orang-orang bakhil,orang-orang maksiat dan orang-orang berbuat dosa”
“ Lalu,aku menggunakan telapak tangan sebagai wadah untuk mengambil air telaga tersebut agar ibuku meminumnya. Ketika ia minum,aku mendengar ada suara berkata ,” Apakah Allah mengeringkan tanganmu? Engkau datang memberi minum orang yang bermaksiat dan bakhil dari telaga Rasulullah .”
“Kemudian ketika aku bangun dari tidur ,tiba-tiba aku melihat tanganku telah kering.” Perempuan itu mengakhiri ceritanya. Nabi kemudian berkata kepadanya,Allah membuat contoh siksa ibumu yang bakhil saat di dunia.
Aisyah berkata,” Setelah itu Nabi meletakkan tongkatnya diatas tangan perempuan itu sambil berdoa,”Wahai Tuhanku dengan mimpi yang telah diceritakan oleh perempuan ini buatlah baik kembali tangannya. Akhirnya tangan perempuan itu kembali baik seperti semula.