Sejarah Sekolah Dasar Quran

Sekolah Dasar Qur’an Hanifah (SD Qu Hanifah) beralamat di Jalan Karanglo No. 64, Kel. Gemah, Kec. Pedurungan, Semarang didirikan oleh Bp. Much Aziz Muslim, Cucu dari kyai Damsuki, Karanglo. SD Qu Hanifah lembaga pendidikan dasar yang berada di bawah naungan Yayasan Islam Lu’lu’ul Maknun Indonesia (ILMI), yang juga menaungi beberapa lembaga diantaranya; Daycare Khalifah (Penitipan Anak), Taman Kanak-kanak (TK Khalifah 25 dan TK Khalifah 50 ), Lembaga Oemah Qur’an (OQ) dan Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah (Graha Sedekah), serta Madrasah Diniyah atau Sekolah Sore. SD Qu Hanifah secara resmi dibuka dan dilaunching pada tanggal 21 Desember 2014.

SD Qu Hanifah merupakan Sekolah/Madrasah tingkat dasar yang mengedepankan pada persiapan anak menuju akil baligh, sehingga menekankan pada aspek akhlaqul karimah. SD Qu mulai proses pembelajaran pada tahun ajaran 2015/2016 dengan kurikulum dinas dan ditambah kurikulum lokal khas pesantren yang fokus pada pembelajaran Al-Qur’an, serta dengan extra kurikuler yang merangsang bakat dan minat anak. Pada tahun ajaran 2015/2016 dibuka satu kelas dengan kuota small class, dilaksanakan di kampus I SD Qu Hanifah. Kegiatan sore bagi anak-anak dapat melanjutkan ke Madrasah Diniyah, di Oemah Quran Karanglo, dimana program sudah di rancang dan diintegrasikan dengan SD Qu Hanifah, sebagai tambahan ilmu keagamaan.

Dengan tenaga edukatif yang berkualitas dan berpengalaman dibidangnya, SD Qu Hanifah bertekad untuk mencetak generasi Qur’ani dan Entrepreneurship yang handal dan berdayaguna. serta memiliki wawasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sebagai wujud pengabdian kepada Agama, Bangsa dan Negara di tengah krisis multidimensi dewasa ini. Ditunjang oleh tenaga edukatif yang berkompeten dibidangnya antara lain alumni dari UNNES,UIN , UPGRIS, UNWAHAS dan perguruan tinggi lainnya, serta alumni pondok pesantren, semakin memantapkan SD Qu Hanifah untuk berperan membangun bangsa.